Berita

KEGIATAN INOVASI PRKP

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pesawaran melakukan kegiatan yang inovatif pada tahun 2022, yaitu penyusunan Sistem Informasi Rumah Bencana atau yang disebut Simacan.

Kegiatan inovasi Simacan ini merupakan sistem informasi yang memuat data secara digital. Simacan memuat data rumah tidak layak huni di daerah rawan bencana. Kegiatan inovasi Simacan juga sebagai bagian pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Bidang Perumahan Rakyat khususnya identifikasi data pada daerah rawan bencana.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pesawaran mengharapkan bahwa dengan tersedianya Simacan, masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi terkait rumah tidak layak huni di daerah rawan bencana. Simacan dapat diakses pada laman www.simacan.pesawarankab.go.id. Sistem informasi ini juga sudah di-link-kan dengan website Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pesawaran yang dapat diakses pada laman www.prkp.pesawarankab.go.id.

Melalui Simacan, masyarakat dapat memperoleh informasi apakah daerah tempat tinggalnya merupakan darah rawan bencana atau tidak. Oleh karena itu, dengan diperolehnya informasi dari Simacan, diharapkan masyarakat dapat mengantisipasi resiko bencana yang mungkin muncul di daerahnya dan lebih waspada.